MANFAAT MATA KULIAH
Mata kuliah IBD
adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai, tentang
kebudayaan tentang berbagai masalah yang dihadapi manusia dalam hidupnya
sehari-hari. Diharapkan mata kuliah ini dapat menjadi semacam lingua franca
atau bahasa pemersatu bagi para akademisi
dari berbagai lapangan ilmiah. Dengan memiliki satu bekal yang sama
diharapkan agar para akademisi dapat lebih lancar berkomunikasi. Kelancaran
berkomunikasi ini selanjutnya akan memperlancar proses pembangunan dalam
berbagai bidang yang ditangani oleh para cendikiawan dari berbagai lapangan keahlian.
Tujuan
Adanya IBD dalam MKDU sekiranya adalah sebagai berikut :
1. Berjiwa Pancasila dengan pengamalan nilai-nilai
pancasila dan mempunyai integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan
kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia
2. Taqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa bersikap dan bertindak sesuai dengan
ajaran agamanya dan memiliki toleransi terhadap pemeluk agama lain
3. Memiliki wawasan
komprehensif dan pendekatan integral didalam menyikapi
permasalahan kehidupan
4. Memiliki wawasan
budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama
mampu berperan serta meingkatkan kualitassnya, maupun lingkungan alamiahnya dan
secara bersama-sama berperan serta didalam pelestariannya.
DESKRIPSI PERKULIAHAN
Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang
diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang
konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan
kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti
istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the
Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin
humnus yang astinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the
humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih
berbudaya dan lebih halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan
seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.
Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan
nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia
menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping
tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
Untuk mengetahui
bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya lebih dahulu perlu
diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof Dr.Harsya Bactiar mengemukakan
bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu :
1. Ilmu-ilmu Alamiah (Natural Science) Ilmu-ilmu alamiah
bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk
mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia.
3. Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari
arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji
hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan
kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
Pengadaan mata kuliah ilmu budaya
dasar merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan
umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah
manusia dan kebudayaan. Dan mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik
ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan
budaya (the humanities) akan tetapi IBD semata-mata sebagai salah satu usaha untuk
mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan memperluas wawasan pemikiran serta
kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut orang
lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut
IBD diharapkan dapat :
1. Mengusahakan kepekaan mahasiswa
terhadap lingkungan budaya,
2. Memperluas pandangan mahasiswa agar
lebih kritis dalam memandang problematika antara manusia dan kebudayaan.
3. Mengarahkan
mahasiswa untuk tidak jatuh dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan
disiplin yang ketat
4. Sebagai wahana
komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.
Dengan mendapat
mata kuliah IBD mahasiswa diharapkan nantinya memiliki latar belakang
pengetahuan yang cukup luas tentang kebudaaan Indonesia pada umumnya dan
menimbulkan minat mendalaminya lebih lanjut, agar dengan demikian mahasiswa
diharapkan turut mendukung dan mengembangkan kebudayaannya sendiri dengan
kreatif. Salah satu sifat penting mata kuliah ini ialah bahwa IBD bukan
pelajaran sastra, bukan filsafat, bukan sesuatu disiplin ilmu yang berdiri
sendiri. Sesuai dengan namanya Ilmu Budaya Dasar, kuliah ini hanya memberikan
dasar-dasar yang cukup kuat kepada mahasiswa untuk mencari hubungan antara segala
segi kebudayaan dalam hubungan usaha yang terus mencari kebenaran, keindahan,
kebebasan, dalam berbagai bentuk, serta hubungannya dengan alam semesta,
Tuhannya, masyarakatnya dan juga penemuan dirinya sendiri. Pendeknya dalam
mencari hidup yang dirasanya lebih
bermakna. Ini tentu menyangkut sikap moral yang diharapkan memperlengkapi
mahasiswa dengan pengalaman luas yang padu yang akan membimbingnya kearah
pembentukan ukuran-ukuran, rasa dan nilai-nilai dengan tidak bergantung pada
orang lain.
SOURCE:
http://kennethalbani.blogspot.com/2012/03/ilmu-budaya-dasar-sebagai-bagian-dari.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar