Jumat, 27 April 2018

Sistem Multimedia

Pengertian
Multimedia terdiri dari 2 suku kata yaitu Multi dan Media dimana multi yaitu bermacam-macam sedangkan media artinya alat atau sesuatu untuk menyampaikan informasi. jadi multimedia adalah suatu sarana yang terdapat banyak elemen informasi untuk disampaikan.



Aplikasi Multimedia

1.             Media Player
2.             Audio/Video Editor 
3.             Graphic/Image Viewer
4.             Graphic Image Editor
5.             Animasi 
6.             Graphic 3D
7.             VLC Media Player
8.             WinAmp

Bidang Aplikasi Multimedia

1.             Bidang Produksi
2.             Bidang Pelayanan Keuangan
3.             Bidang Sistem Informasi
4.             Bidang Pemasaran
5.             Bidang Travel
6.             Bidang Real Estate
7.             Bidang Kesehatan
8.             Bidang Hiburan
9.             Bidang Publishing
10.          Bidang Pendidikan
11.          Bidang Pemerintahan

Konten Multimedia

Jenis Sumber Daya Produksi Konten :

·                     Scanner
·                     CD-ROM Driver
·                     Video Board
·                     Sound Card

Perangkat Lunak Multimedia


Merupakan  komponen dalam data processing berupa program untuk mengontrol berkerjanya sistem komputer multimedia, yang digolongkan menjadi beberapa bagian yaitu :
·                     Pengolah Teks
·                     Pengolah Animasi & Graphic 2D
·                     Pengolah Animasi & Modeling Graphic 3D
·                     Authoring Multimedia
·                     Aplikasi Berbasis Web
Kemudian terdapat sumber daya manusia didalamnya seperti Programmer Multimedia dan Multimedia Interaktif.


Kompresi Data Teks


Mengkompress yaitu memperkecil kebutuhan penyimpanan data yang terdapat 2 jenis Kompresi Data Teks yaitu : 
·                     Dialoque Mode, dan 
·                     Retrieval Mode. 

Kompresi data berdasarkan output terbagi menjadi 2 bagian yaitu kompresi data dengan jenis :
·                     Lossy, dan  
·                     Loseless.

Klasifikasi Teknik Kompresi terdiri dari 3 pengelompokkan yaitu :
·                     Entropy Encoding yang bersifat Loseless
·                     Source Coding yang bersifat Lossy
·                     Hybrid Coding yang bersifat Lossy dan Loseless


Proses Kompresi Data Teks

Yaitu dengan menggunakan metode:

Run Length Encoding (RLE) :

·                     Lakukan kompresi berdasarkan huruf tersebut "ABCCCDEEFGGGHIJJJ"
·                     Ubah menjadi  !3C untuk C , !2E untuk E dan !3G untuk G
·                     Maka hasilnya : AB!3CD!2EF!3GHI!3J


Kompresi Data Suara


Suara dapat merambat melalui ruang udara yang dihasilkan oleh getaran suatu benda yang disebut dengan "GELOMBANG" yang memiliki pola sama yang berulang disebut dengan "PERIODE". Terdapat jenis contoh suara yaitu Periodik dan NonPeriodik.

Representasi data suara terbagi menjadi 2 bagian yaitu :
·                     Analog to Digital Coversion (ADC)
·                     Digital to Analog Converter (DAC)

Kompresi Audio juga berfungsi untuk mengecilkan file data audio dengan menggunakan metode Lossy dan Loseless, dimana contoh dari Lossy yaitu MP3 dan contoh dari Loseless yaitu FLAC.


Jenis Audio Digital

·                     Uncompressed Audio Format
·                     LoselessCompression Format
·                     Lossly Compression Format


Proses Kompresi Data Suara

Gambar diatas menjelaskan bahwa terdapat gelombang yang dapat merepresentasikan suara yang terkompres melalui frekuensi yang berbeda-beda. Proses kompresi akakn memotong frekuensi dari tinggi rendahnya gelombang suara yang dihasilkan.


Contoh Software Audio Converter

·                     Free Studio

·                      Switch Sound File Converter

·                      Zamzar


Kompresi Citra Statis

Untuk mengurangi redudansi dari data-data yang terdapat di dalam citra sehingga dapat ditransmisikan secara efisien.


Jenis Format Citra Statis :

·                     JPEG
·                     GIF
·                      PNG
·                     BMP


Hal Penting dalam Kompresi Citra

·                     Quality Progresive
·                     Resolution Progressive
·                     Component Progressive


Representasi dan Kompresi Citra Bergerak


Terdapat 2 jenis kompesi data yaitu :
1.             Lossy Compression : kompresi dimana hasil setelah kompresi tidak dapat di kembalikan lagi ke bentuk awal, contohnya yaitu kompresi gambar, video, rata-rata menggunakan kompresi jenis ini.
2.             Loseless Compression : dimana data kompresi dapat dikembalikan lagi ke bentuk awal, contohnya kompresi file ke ZIP.


Kompresi Video

Ada 3 deimensi yaitu:
·                     2 dimensi spatial (vertikal dan horizontal)
·                     1 dimensi waktu

Data video juga memiliki:
·                     Redudancy Spatial 
Dilakukan dengan mengambil keuntungan dari fakta bahwa mata manusia tidak terlalu dapat membedakan warna dibandingkan dengan brightness.
·                     Redudancy Temporal 
Dilakukan dengan mengirimakn frame yang berubah saja sedangkan data yang sama masih disimpan.


Format Video

·                     ASF
·                     AVIMJPEG
·                     MPEG
·                     WMV 


Software Kompresi Video

·                     Squezee 5 pro
·                     3D-DCT
·                     Total Video Converter
·                     Blaze Media Pro


Animasi

Adalah gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan.

Jenis Animasi :

·                     2 Dimensi

·                     3 Dimensi

Software yang digunakan :

2D

·                     Adobe Flash
·                     Macromedia Director
·                     ToonBoom Studio

3D
·                     AnimPixels
·                     Easy Gif Animator 5 Pro
·                     3D Studio Max


Jaringan Multimedia

Merupakan sebuah komputer yang saling terhubung untuk mengkombinasikan atau menampilkan teks, grafik, audio, video dan animasi dengan menggunakan link dan tools untuk melakukan interaksi dan komunikasi


Ruang Lingkup Multimedia

Streaming Multimedia

Adalah multimedia yang secara konstan dapat diterima dan ditampilkan oleh end user selagi diantarkan oleh penyedia layanan.
Contoh :
·                     Voice over Internet Protocol (VoIP)
          Komunikasi suara dengan menggunakan jaringan berbasis IP yang digunakan dengan internet.
·                     Session Internet Protocol (SIP)

·                     Real Time Transport Protocol (RTP)
          Standarisasi paket untuk mengirimkan audio dan video pada jaringan IP.


Distribusi Multimedia



Media Server

Contoh:

·                     OpenLoad

·                      Mediafire

Multimedia Streaming 

Aplikasi yang terinstall di dalam sebuah server yang digunakan utuk menjalankan file video atau audio secara realtime. Contoh : Youtube, Spotify, Joox, dll.


Broadcasting

Suatu penyiaran multimedia berupa suara atau video yang disiarkan melalui media elektronik. Contoh: Live Instagram


Radio

Audio digital yang ditransmisikan melalui internet. Contoh : Prambors FM


Video On demand

Merupakan sistem televisi interaktif dimana user dapat memilih program televisi sesuai dengan keinginan.Contoh : Netflix, HOOQ.


Augmented Reality (AR)



Sebuah konsep yang memadukan dunia maya da dunia nyata dengan cara menanamkan sebuah objek di dalam proses pembuatannya.

Terdapat 2 jenis AR yaitu :
·                     Dengan Marker (Marker Based Tracking)
·                     Tanpa Marker (Markerless)


Konsep Augmented Reality

·                     Sensory Augmented : Sesuatu yang berhubungan dengan aspek untuk mempengaruhi sistem sensorik manusia seperti penglihatan atau pendengaran.
·                     Video See-through Technology (VST) : Konsep melihat dunia nyara secara tidak langsung melainkan melalui video yang terdapat di monitor.


Virtual Reality

Merupakan simulasi buatan komputer dari suatu situasi sekitar yang nyata.


Perbedaan AR dan VR

·                     Virtual Reality : Menggantikan kenyataan dengan dunia semu secara keseluruhan.
·                     Augmented  Reality : Menambahkan kenyataan dengan benda-benda semu.


Komponen AR

·                     Input Device 
·                     Output Device
·                     Tracker
·                     Processor

Perangkat AR

1. Hardware
·                     Head Mounted Display
·                     Kamera/HP/Tablet/Webcam

2. Software
·                     ARToolkit
·                     Argon
·                     Project Tango, dll

Aplikasi untuk membuat AR :

·                     Android Studio
·                     Eclips
·                     Visual Studio
·                     Unity3D
·                     UnReal Engine4
·                     OpenSpace 3D

Digital Culture



Merupakan budaya yang dimana setiap manusia sudah terbiasa menggunakan sesuatu yang berhubungan dengan digital atau biasa disebut dengan teknologi, maka dapat dikatakan bahwa teknologi merupakan bagian dari kehidupan manusia. 
Digital Culture mengenai teknologi yang sangat digunakan oleh hampi setiap manusia adalah media sosial seperti :
·                     Facebook
·                     Twitter
·                     Youtube
·                     Instagram, dll.
Dalam sosial media tersebut kita dapat berkomunikasi dan melihat kegiatan seseorang hanya dengan membuka sosial medianya saja. Teknologi jaman sekarang dapat digunakan sebagai sarana belanja secara online misalkan kita ingin membeli barang maka hanya dengan membuka online shop yang terdapat pada aplikasi maka barang pun akan sampai.

Digital Culture dapat dikatakan hal positif maupun negatif bagaimana manusia itu sendiri menyikapinya seperti apa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar